Senin, 01 Juni 2009

PERUBAHAN ITU PASTI

Masa remaja merupakan masa yang sangat menyenangkan sekaligus rawan, karena di usia remaja perkembangan fisik dan emosi mereka mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Masa puber merupakan masa “pancaroba” yang mendorong mereka untuk mencoba hal-hal baru dan berusaha mencari serta menemukan jati diri mereka. Kondisi keluarga, pergaulan, dan lingkungan akan sangat berpengaruh pada pembentukan sifat dan karakter mereka. Oleh karena itu diperlukan bimbingan, arahan dan pemahaman serta penguasaan ilmu yang cukup, yang dapat dijadikan bekal agar dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Kurikulum pendidikan nasional yang hanya mengalokasikan waktu dua jam pelajaran setiap minggunya untuk pelajaran agama dan dengan materi yang terkesan “dipaksakan”, dirasakan kurang efektif dalam upaya membentengi pergaulan bebas remaja yang cenderung mengabaikan norma agama dan masyarakat. Selain itu komposisi pendidikan moral dan pengetahuan umum sangat tidak proporsional, yang mengakibatkan remaja cenderung mempunyai pola pikir yang liberal, sehingga keseimbangan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan kualitas iman dan takwa mutlak diperlukan.

Permasalahan semakin pelik ketika media pendidikan agama bagi remaja khususnya di daerah perkotaan, belum memadai dan belum mampu mengakomodir kebutuhan spiritual mereka. Selain itu fakta dalam masyarakat juga mengindikasikan bahwa banyak sekali adik-adik muslim usia remaja yang masih belum bisa membaca Al-Qur'an, namun masih sangat kurang lembaga yang dapat mendukung kebutuhan tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran khusus bagi remaja (usia 12–17 tahun/ SMP-SMU).

Di lain pihak permasalahan mengenai program pendidikan Al-Qur'an pasca TPQ/TKQ dipandang perlu, mengingat fakta dalam masyarakat menunjukkan bahwa hasil pendidikan TPQ/TKQ masih banyak kekurangan dalam penguasaan materi Ilmu Qur'an dasar dan materi-materi keislaman lainnya.

Melihat kondisi seperti itu serta dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,Tka-tpa Al Jannah berusaha untuk menjadi sebuah lembaga yang ikut serta dalam memajukan nusa dan bangsa,walaupun dalam lingkungan yang kecil, kami ingin menjadi icon yang ikut dalam perubahan menyongsong masa depan islam yang gemilang,,,,,,

Tidak ada komentar: